Senin, 15 Desember 2014

pendaki gunung

    Dunia petualangan adalah hobi yang unik pada zaman modern saat ini. Berpetualang bukanlah suatu hal yang mudah, sebagaimana yang kita bayangkan selama ini. Ternyata selain fisik, berpetualang juga memerlukan mental dan intelegensi yang matang serta manajemen perjalanan dalam menghadapi kendala yang ditemui selama melakukan perjalanan, terutama saat melakukan kegiatan mendaki gunung.
   Khususnya para pecinta alam yang telah dibekali ilmu lapangan, bagi mereka manajemen dan persiapan keilmuan yang matang adalah suatu hal yang harus dijalankan sesuai prosedur yang ada.
   Suatu perjalanan hendaknya dimulai dengan menentukan target perjalanan yang akan kita tempuh, kemudian manajemen perlengkapan yang cukup, karena kekurangan perlengkapan sama saja menyerahkan diri kita pada masalah. Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi resiko yang mungkin akan kita hadapi setiap detik, langkah, dan tempat yang tidak diduga.
  
   Seorang Mapalaisme yang handal adalah yang menguasai hakekat pecinta alam dan penguasaan materi tentang ilmu lapangan yang di butuhkan dalam suatu ekspedisi ringan hingga ekstrim sekalipun. Seperti misalnya, ketika kekurangan air dan makanan, seorang petualang/ Mapala mampu mencari alternatifnya, ataupun dalam menghadapi kesesatan dalam rute perjalanan di hutan belantara ia harus siap dengan mental dan ilmu pemetaan/ navigasi dalam menentukan arah yang benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar